Lamaran via Email (surel) by Bbudiman


Selamat pagi Indonesia,

Dijaman Inet Maya Safira ini, semakin gampang saja kita mengirim lamaran. Hilang sudah cape nulis surat lamaran pakai tangan. Tetapi apakah kemudahan ini sudah kita cermati baik baik ? Sehingga maksud untuk melamar tepat sasaran.

Kalau kita mau nembak si Maya, Shanti, Luna dan Doraemon misalnya. Ya kita tentunya menulis surel alias imil alias Email yang baik, meyakinkan, berbunga bunga dan indah kata katanya.

Begitu juga dengan lamaran ke perusahaan.

Ada beberapa kebiasaan kurang baik yang kami perhatikan:

1. Mengirim surel lamaran kesemua perusahaan dalam satu surel. Kalau kita punya gebetan tiga masa surelnya kita bikin satu dan dikirim ama semuanya ? Begitu juga perusahaan. Mereka ingin melihat kita serius melamar. Ini sudah menjadi satu kredit point. Surel dgn banyak alamat biasanya akan dianggap spam oleh kebanyakan sistim. Maunya menghemat malah nggak mencapai sasaran.

2. Alamat email yg “maco”, hebat tentunya. Paling tidak kata kita. Tapi kira kira kalau si doi nerima surel dari biangkerok@gogo.com gimana ya ? Kebetulan dibaca sama bokapnya lagi (Nah lho, sharing komputer dirumah, lupa LOG OUT hehehe).
Alamat surel sebaiknya dibuat sedekat mungkin dgn nama anda. Pakailah alamat email ini untuk semua kegiatan formil terutama melamar. Hal ini akan memudahkan perusahaan mencari alamat email anda.

3. Subject: Banyak yg mengosongkan kolom ini. Kolom subject sebaiknya diisi dengan hal yg menjadi fokus anda. Misalnya = C/O ANT II ex chemical tanker atau hal hal lain yg menjadi daya jual anda. Contoh: 2/O ANT2 DPO ex AHTS atau AB ex Bulker Panamax dgn US Visa

4. Isi surel : Karena sudah ada didalam attachment, banyak isi suratnya tidak ada alias kosong melompong. Sebaiknya buatlah surat pengantar dan jangan biarkan surat yang kosong. Buat summary dari CV anda dan/atau hal yg tidak ada didalam CV anda yang bisa membuat/menjadikan nilai tambah. Misalnya saja bisa bahasa Prancis. Atau mempunyai Visa amerika yang masih berlaku. Hal ini juga akan memudahkan pencarian atas data data anda.

5. Lampiran atau attachment: Sebaiknya attachment cukup CV saja. Batasi file size sekecil mungkin agar surel anda tidak dikatagorikan spam. Kurang dari 1MB amat disarankan. Semua data data anda bisa didapatkan dalam pelaut.go.id jadi tidak perlu mengirimkan semua attachment. Pilihlah file dalam format yang umum. Misalnya .doc

Dilain kesempatan mungkin bisa kita bicarakan apa saja sih yang sebaiknya ada dalam CV anda.

Salam sukses selalu dengan lamaran anda.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: